Senin, 17 September 2007

Kampanye Nasional : Menominasikan Tujuh Pesona Alam Indonesia sebagai Tujuh Keajaiban Alam Baru Dunia Sampai 08-08-8 (8 Agustus 2008)

Oleh : Bambang Haryanto



Candi Borobudur dalam pelbagai literatur tidak pernah masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia. Peluang bangsa Indonesia dengan kekuatannya sendiri untuk secara “resmi” memasukkannya sebagai salah tujuh keajaiban dunia yang baru, yang peluangnya dibuka oleh The New7Wonders Foundation sejak 2001, baru saja kita sia-siakan.

Dalam jajak pendapat secara global melalui telepon dan Internet yang berhasil menghimpun 100 juta suara itu akhirnya menelorkan daftar Tujuh Keajaiban Baru Dunia, meliputi : Kuil Chichen Itza (Yucatán, Mexico), Patung Jesus Sang Penebus (Rio de Janeiro, Brazil), Tembok Besar (Cina), Komunitas Machu Picchu (Cuzco, Perú), Kota kuno Petra (Jordania), Koloseum Romawi (Roma, Italia) dan Taj Mahal (Agra, India).


Pemerintah kita yang cadok, gagap teknologi dan telat mikir, terbukti tidak aware atau acuh tak acuh terhadap peristiwa berskala global itu. Sebaliknya pemerintah Brazil dan Jordania, sebagai contoh, sangat aktif menyadarkan rakyatnya dan menfasilitasi untuk mengikutinya. Mereka pun sukses mengangkat situs peninggalan negaranya menjadi ikon dunia. Sementara itu ketidakacuhan pemerintah kita hanya membuat potensi suara populasi warga Indonesia yang 200-an juta lebih untuk mengikuti jajak pendapat itu, yang mampu berpotensi memenangkan Candi Borobudur, akhirnya muspra, sia-sia adanya.


Kini hadir peluang lain. Yayasan yang sama kini membuka jajak pendapat melalui Internet hingga 08-08-08 dalam menentukan Tujuh Keajaiban Alam Baru Dunia. Tergerak untuk tidak mengulangi blunder yang sama dan tidak usah menunggu prakarsa pemerintah, maka kami Epistoholik Indonesia (EI) dan Republik Aeng-Aeng berprakarsa meluncurkan kampanye nasional, menggalang warga Indonesia untuk mengikuti jajak pendapat berkelas dunia tersebut.

Berdasarkan kajian kami, situs-situs yang kami nominasikan untuk dipilih terdiri lima situs (No. 1 sd 5) yang diakui UNESCO sebagai tapak warisan dunia, ditambah satu pilihan World Wildlife Fund (WWF) pada urutan ke enam dan yang ke tujuh merupakan pilihan dari Conservation International (AS). Ketujuh nominator tersebut disajikan dalam bahasa Inggris untuk memudahkan Anda melakukan copy/paste saat mengisi formulir jajak pendapat di Internet, meliputi :

1. Komodo National Park
(Kategori : Animal Reserve)

2. Lorentz National Park
(Nature Conservancy Park)

3. Sangiran Early Man Site
(Prehistoric natural site)

4. Ujung Kulon National Park
(Nature Conservancy Park)

5. Tropical Rainforest Heritage of Sumatra
(Forest, Wood).

6. Heart of Borneo
(Nature Conservancy Park)

7. Coral Triangle Papua
(Underwater World, Reef)

Daftar ini dapat diperkaya dengan situs-situs lainnya, asal saja yang berada di tanah air kita tercinta. Untuk mengikuti jajak pendapat, silakan Anda akses ke http://www.natural7wonders.com/. Anda akan diminta mengisi data email Anda dua kali, asal negara, lalu tujuh kolom isian yang terdiri nama situs yang dinominasikan, jenis kategori dan asal negaranya.

Anda harus memiliki alamat email yang valid, karena akan dilakukan cek ulang dengan adanya email balasan dari penyelenggara polling di kotak surat email Anda. Anda harus melakukan verifikasi dengan mengklik URL yang sudah mereka tentukan. Seperti jajak pendapat yang lalu, peserta dimungkinkan melakukannya tidak hanya satu kali saja.

Ayo bangkit bangsa Indonesia. Tunjukkan rasa patriotisme Anda. Kenali keindahan, keistimewaan dan manfaat kekayaan tanah air kita bagi kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat dunia. Untuk itu, kini Anda dan kita semua memiliki kekuatan sendiri untuk mampu mengangkat tinggi-tinggi khasanah alam kebanggaan negeri tercinta ini untuk didaulat sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam yang baru. Beraksilah, sekarang juga dan sebarkanlah ajakan ini seluas-luasnya, termasuk mengirimkannya ke kolom surat pembaca di media massa cetak, radio, televisi dan Internet. Terima kasih.


BAMBANG HARYANTO
Warga Epistoholik Indonesia
Blog Tujuh Indonesia Untuk Dunia : http://7indonesia.blogspot.com
Jl. Kajen Timur 72 Wonogiri 57612
Email : humorliner@yahoo.com
HP : +6281329306300

MAYOR HARISTANTO
Republik Aeng-Aeng
Jl. Kolonel Sugiyono 37 Solo
Email : presiden_pasoepati@yahoo.com
HP : +628122594020

6 komentar:

aLe mengatakan...

Ayo dukung,
aLe ikut dukung oM.,

em., bs request gak?
bahas tutorial vote-nya donk.,
coz., buat orang katrok bhs inggris seperti aLe ini lmyn sulit mencerna perintah2nya.,
yah, dari pada kliru pas nge-vote khan tambah mempermalukan bangsa neh.

thanks sebelumnya.

aLe
http://alixwijaya.com

ekowanz mengatakan...

sip...sip...

ekowanz.info

Bambang Haryanto mengatakan...

Dear Ale Yang Baik Hati
Makasih untuk dukunganmu. Tutorial kan sudah jelas kok. Tinggal masuk ke situs, tinggal ngisi secara copy/paste daftar yang sudah aku sertakan. OK ?

norki mengatakan...

pokoknya aq dukung dech.......ni aq jg habis pollingnya...

norki mengatakan...

ayo maju terus........aq dukung......

Unknown mengatakan...

kenapa belum ada pilihan untuk vote ketujuh situs usulan tersebut ya?